Berawal dari pentingnya seorang da’i dan pendidik di tengah masyarakat, maka dipandang perlu untuk menyelenggarakan sebuah institusi yang mampu mencetak generasi muslim yang berilmu, terampil dan berakhlakul karimah. Maka atas latar belakang inilah Ma’had ‘Ali Imam Syafi’i (MAIS) Cilacap didirikan.

Ma’had ‘Ali Imam Syafi’i Cilacap adalah lembaga pendidikan islam dan bahasa Arab yang didirikan oleh Syeikh Ali Said Bawazier dan Yayasan Al-Sofwa Jakarta.

Sebagai bentuk kepedulian dan jawaban akan kebutuhan dai yang kompeten di tengah masyarakat, maka sejak didirikannya MAIS Cilacap pada tahun 1995, dengan visi: “Menjadi lembaga pendidikan islam terkemuka, dalam meninggikan kalimat tauhid, menebar dakwah islam berdasarkan al-Quran dan as-Sunnah dan membangun masyarakat menuju kejayaan umat”. Kami selalu berusaha untuk menghasilkan dai muda penyuluh islam yg unggul dengan mengedepankan ilmu agama Islam berdasar teladan salafus sholeh.

Dalam masa pendidikan, kami selalu mengupayakan agar mahasiswa memiliki kemampuan untuk sanggup membaca kitab-kitab klasik maupun  kontemporer asli serta mampu berkomunikasi aktif dengan menggunakan bahasa Arab. Selain itu, mahasiswa juga dipersiapkan untuk bisa secara fasih menghafal dan melafal al quran dengan baik.

Seiring perkembangan jaman untuk menjawab tantangan kebutuhan dai di tengah masyarakat, kami selalu meningkatkan mutu kualitas pendidikan agar nantinya alumni dapat mengisi lahan dakwah di masyarakat dan memadukan proses pembinaan masyarakat dengan umaro.